Bagaimana cara kita menghadapi interview kerja - Bagaimana Cara Melakukan Sesuatu

Terimakasi kepada para visitor yang berkunjung

Untuk terus mendukung dan berkembangnya situs Bagaimana cara kita , Saya sebagai Admin akan sangat berterima kasih sekali bila anda berkenan menonaktifkan vitur ad blok pada browser anda saat berkunjung ke situs ini. Selamat membaca. (^_^)

Friday, February 23, 2018

Bagaimana cara kita menghadapi interview kerja

Menghadapi intervew saat wawancara pekerjaan memang sedikit sulit. Banyak hal-hal yang bisa membuat kita menjadi gagal saat menghadapi interview pekerjaan yang ingin kita jalani, namun tak sedikit juga mereka yang berhasil dalam mendapatkan pekerjaan mereka dari hasil interview oleh perusahaan atau industri tertentu.

menghadapi interview kerja
Intervew kerja pasti selalu menjadi bagian yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan calon yang tepat untuk posisi yang mereka inginkan. proses interview dan penilaian terhadap interview memang sudah menjadi nilai tersendiri untuk setiap perusahaan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui secara pasti tentang psikologi seseorang atau kematangan seseorang dalam memilih pekerjaan yang ia inginkan. 

Tidak sedikit juga diantara kita yang masi bingung bagaimana cara menghadapi interview kerja yang baik untuk mendapatkan pekerjaan yang ingin kita dapatkan. lantas bagaimana seharusnya kita dalam menghadapi atau menjalani intervew kerja yang kita hadapi?.

Cara Kita Menghadapi Interview Kerja.
Ada beberapa point yang harus diperhatikan secara garis besar dalam menghadapi interview kerja. Beberapa diantaranya yaitu :

1.Cara Berpenampilan.
cara kita berpakaian
Penampilan merupakan hal yang pertama yang akan di lihat oleh para pengiterview kerja. Bahasa yang selalu kita dengan untuk menghadapi interview kerjaan adalah berpenampilan rapi, namun rapi yang bagaimana yang di inginkan oleh perusahaan?. 

- Berpakaianlah selayaknya kita sudah bekerja, seperti memakai kemeja lengan panjang, celana bahan, hingga sepatu hitam yang biasa dipakai oleh orang kerja. 

- Pakailah parfum yang harum dan tidak terlalu mencengat. Hal ini penting, karena aroma tubuh atau harum yang di cium oleh para penginterview kerja bisa menjadi nilai lebih. Bisa anda bayangkan bila anda interview dengan aroma bau badan yang menyengat. Tentunya para penginterview tidak akan betah berlama-lama dengan anda.

- Gunakan sedikit makeup atau minyak rambut.
Dengan menggunakan makeup dan minyak rambut, akan memberikan kesan penampilan yang segar yang akan di lihat oleh para pengiterview.

- Kenakan sedikit aksesoris.
Kenakanlah sediit aksesoris untuk menambah daya tarik penampilan kita, seperti jam tangan, tali pinggang dan lain sebagainya. Namun jangan terlalu berlebihan yang bisa memberikan kesan norak.

2. Cara Berbicara.
cara berbicara pada saat interview
Hal yang selanjutnya yang akan pengiterview nilai adalah bagaimana cara berbicara kita terhadap mereka, apakah sopan atau dibuat-buat. Dalam hal ini cobahlah untuk berbicara dengan apa adanya dan jangan dibuat-buat. Berbicaralah dengan sopan dan usahakan untuk lancar dan tidak terbata-bata pada saat kita berbicara.

3. Cara Bersikap.
cara bersikap saat interview kerja
Setelah itu para penginterview kita akan menilai bagaimana cara sikap kita dan prilaku kita, mulai pada saat kita datang hingga kita duduk dihadapan mereka. Sebisa mungkin hindari rasa gugup yang bisa membuat kita menjadi salah tingkah di hadapan mereka. Tentu saja akan menjadi nilai minus bila kita sampai salah tingkah dihadapan mereka. 

4. Cara Menjawab Pertanyaan.
menjawab interview kerja
Selain itu, para penginterview kerja akan manilai bagaimana cara kita dalam menjawab setiap pertanyaan yang mereka berikan. Dalam hal ini hindarilah menjawab pertanyaan dengan terlalu lama berfikir, dan usahakan untuk tidak terbata-bata dan lancar dalam menjawab pertanyaan mereka. Setiap pertanyaan yang kita jawab, jawablah dengan apa adanya dan cukup setahu kita saja. katakan tidak tahu bila kita tidak mengetahuinya dari pada kita menjawab namun ternyata salah. 

Beberapa penginterview kerja sengaja bertanya sesuatu hal yang sebenarnya mereka sudah ketahui, oleh karena itu hindarilah sikap bahwa kita lebih tau dari mereka. Hal ini akan memberikan kesan sombong yang tidak bagus pada proses interview kerja.

5. Cara mengenal Perusahaan Mereka.
mengetahui seluk beluk perusahaan interview
Beberapa perusahan pasti menanyakan tentang bagaimana perusahaannya dimata kita. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah kita benar-benar berminat dengan pekerjaan yang ingin kita dapatkan. Sebelum menghadapi interview kerja, usahakanlah kita untuk mengetahui sejarah dan seluk beluk perusahaan tersebut, seperti bergerak dalam bidang apa, tentang posisi yang kita inginkan, tentang semua yang berhubungan dengan perusahaan tersebut. Dengan mengetahui seluk beluk ini, maka kita akan lebih mudah dalam menjawab setiap pertanyaan yang mereka berikan seputar perusahaan mereka.

6. Cara Berpamitan.
cara berpamitan interview kerja
Mungkin sebagian dari kita sudah merasa lega pada saat interview selesai. Namun yang kita harus pahami adalah. pada saat interview telah selesai hal itu merupakan bagian dari penilaian mereka. Usahakan berpamitan dengan sopan dan menyalam semua penginterview kerja seolah-olah kita sudah benar diterima dari hasil interview kerja tersebut dengan senyum dan gembira serta rasa optimis. 

Dalam hal ini tak jarang si penginterview kerja memberikan pertanyaan terakhir kepada kita. yaitu :
Apakah ada yang mau anda tanyakan?
Pada saat kita mendapatkan pertanyaan tersebut pada akhir wawancara intervew kerja, maka berilah pertanyaan yang kita tidak ketahui seputar pertanyaan yang ia berikan. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah kita fokus atau memahami setiap pertanyaan yang diberikan. Berikan feedback balik pertanyaan untuk memberikan kesan bahwa kita menyimak setiap pertanyaan yang ia berikan atau seputar perusahaan mereka. ini akan menjadi nilai lebih bagi mereka bahwa kita menanggapi dan memahami dengan apa yang mereka sampaikan.
feedback pada saat interview kerja
Setiap perusahaan memiliki kriteria tersendiri  maka dari itu pada saat kita menghadapi interview kerja di perusahaan yang kita tuju. maka pahamilah semua tentang perusahaan dan posisi yang kita inginkan.

No comments:

Post a Comment