Bagaimana cara membangun komunikasi yang baik - Bagaimana Cara Melakukan Sesuatu

Terimakasi kepada para visitor yang berkunjung

Untuk terus mendukung dan berkembangnya situs Bagaimana cara kita , Saya sebagai Admin akan sangat berterima kasih sekali bila anda berkenan menonaktifkan vitur ad blok pada browser anda saat berkunjung ke situs ini. Selamat membaca. (^_^)

Friday, February 16, 2018

Bagaimana cara membangun komunikasi yang baik

Komunikasi merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh semua orang. Membangun suatu komunikasi yang baik kepada seseorang ataupun kelompok akan memberikan dampak positif pada pergaulan kita. Dengan membangun komunikasi yang baik seseorang atau kelompok tertentu akan membuat suatu hubungan dan komunikasi dua arah yang baik pula.

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan untuk membangun komunikasi yang baik kepada orang lain atau kelompok tertentu dan bukan sekedar mengobrol biasa saja. Namun dengan memberikan atau membangun komunikasi yang baik, akan memberikan nilai lebih kepada diri kita sendiri terhadap pandangan orang lain kepada kita.

Tidak sedikit orang yang tidak mengetahui bagaimana sebenarnya untuk membangun komunikasi yang baik atau komunikasi dua arah yang baik. Lalu bagaimana cara melakukannya untuk tahap awal belajar dalam membangun komunikasi yang baik ?.

cara membangun komunikasi yang baik


Cara membangun komunikasi yang baik

1. Berbicaralah dengan suara yang jelas.
Berbicara dengan suara yang jelas akan lebih memudahkan lawan bicara kita untuk mengerti dan memahami setiap perkataan yang kita ucapkan. Dengan berbicara yang jelas, baik itu intonasi dan kosa kata yang jelas untuk di dengar, kita akan mendapatkan perhatian positif dari lawan bicara kita.

2. Mendengarkan dengan baik.
Mendengarkan lawan bicara kita adalah hal yang penting untuk kita lakukan sebagai tanggapan dan respek kepedulian kita terhadap setiap perkataan yang disampaikan. Lawan bicara kita akan merasa sangat dihargai apabila kita mendengarkan setiap perkataannya dengan baik. Dengan mendengarkan sebaik mungkin perkataanya, akan mempermudah kita untuk memberikan tanggapan atau respon terhadap lawan bicara kita apabila lawan bicara kita meminta tanggapan, saran ataupun pendapat kita.

3. Berikan expresi yang sesuai dengan lawan bicara kita.
Expresi adalah gambaran sederhana yang di lihat oleh orang lain terhadap diri kita. Penting memberikan expresi dari percakapan yang kita lakukan, baik pada saat kita berbicara ataupun lawan bicara kita berbicara. Expresi ini akan menentukan nilai positif dan negatif orang terhadap diri kita apakah mendengarkan dengan baik atau hanya sekedar saja.

4. Pahami emosi lawan bicara.
Memahami emosi lawan bicara adalah salah satu hal penting lainnya. pahami apakah lawan bicara kita dalam keadaan emosi marah atau dalam keadaan senang ataupun sedih. Dengan memahami emosi lawan bicara kita, maka respek yang akan di berikan menjadi berbeda. Rasa kepedulian yang tercipta dan lawan bicara kita akan menjadi lebih positif dalam melihat diri kita. 

5. Bertanya tentang hal yang di sukai oleh lawan bicara.
Setiap manusia pasti memiliki hal yang ia gemari. Manusia akan sangat senang bila ia di berikan pertanyaan tentang hal yang disukai. Untuk memberikan efek positif dan kepedulian terhadap lawan bicara kita, cobahlah untuk bertanya tentang hal apa saja yang di gemari oleh lawan bicara kita. Maka dengan demikian komunikasi akan berlanjut dengan beberapa cerita tentang hal yang ia gemari.

Beberapa hal diatas bisa dilakukan atau di praktekkan kepada lawan bicara kita untuk menjalin komunikasi yang baik. dengan menjalin komunikasi yang baik kepada lawan bicara kita, tentunya kita akan lebih di senangi oleh orang lain dan menambah hubungan pertemanan juga relasi-relasi yang baik. 

Satu hal yang harus di ingat adalah pentingnya suatu komunikasi yang baik untuk menciptakan hubungan yang baik kepada setiap lawan bicara kita.

No comments:

Post a Comment