Bagaimana cara menjadi orang kreatif - Bagaimana Cara Melakukan Sesuatu

Terimakasi kepada para visitor yang berkunjung

Untuk terus mendukung dan berkembangnya situs Bagaimana cara kita , Saya sebagai Admin akan sangat berterima kasih sekali bila anda berkenan menonaktifkan vitur ad blok pada browser anda saat berkunjung ke situs ini. Selamat membaca. (^_^)

Sunday, February 18, 2018

Bagaimana cara menjadi orang kreatif

Menjadi seseorang yang kreatif adalah merupakan nilai lebih yang terkadang tidak disadari oleh orang. Pada dasarnya orang kreatif memang sudah ada pada dirinya semenjak ia dari kecil. Namun sebenarnya untuk menjadi orang yang kreatif bisa di wujudkan sendiri walau pada dasarnya kita tidak memiliki jiwa yang kreatif.

Untuk menjadi orang yang kreatif  baik dalam melakukan sesuatu atau memecahkan suatu masalah sebenarnya tidaklah sesulit yang di bayangkan kebanyakan orang. Kunci utama untuk menjadi kreatif adalah kemauan dan niat dari diri kita sendiri.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dengan menjadi orang yang kreatif, selain bisa menghasilkan sesuatu, kita juga bisa memperoleh banyak pengetahuan yang terkadang kita tidak menduganya bahwa itu adalah hasil dari pemikiran kita.

Lalu bagaimana sebenarnya untuk menjadi orang yang kreatif walau pada dasarnya kita tidak memiliki keahlian kreatif yang di bawa dari kecil. ?.

cara menjadi orang kreatif

Cara Menjadi Orang Kreatif
Untuk memulai atau mengawali agar kita bisa menjadi orang kreatif bisa kita lakukan dengan melakukan hal-hal berikut:

1. Rajinlah membaca.
Menjadi kreatif yang pada dasarnya kita tidak memilikinya bisa kita lakukan dengan rajin membaca segala ide-ide yang timbul dari orang lain. Pada sekarang ini dengan semakin mudahnya untuk mengakses internet, memberikan kita peluang untuk mengetahui segala hal yang dilakukan oleh orang-orang kreatif yang tidak segan-segan memberikan ilmu pengetahuannya di dunia internet. Dengan membaca hasil dari kekreatifan mereka, kita dapat belajar secara bertahap untuk mengetahui hasil kreatifitas mereka dan mencoba untuk melakukannya serta mengembangkan fikiran kita.

2. Berani mengemukakan ide fikiran kita.
Orang yang kreatif pada dasarnya memiliki keberanian menyampaikan apa yang ada dalam fikirannya tentang membuat atau menyelesaikan sesuatu. Bagi kita yang tidak berani untuk melakukannya, maka mulai sekarang cobahlah untuk memberanikan diri dalam mengemukakan ide-ide dalam fikiran kita yang walau untuk sebagian orang bahwa ide kita tersebut tidak masuk akal. 

Seperti beberapa contoh para ilmuan-ilmuan yang terkenal dari masa dulu hingga sekarang, mereka adalah orang-orang yang pada awalnya dianggap gila menyampaikan hasil pemikiran mereka tentang ilmu pengetahuan namun dengan kegigihan mereka, mereka dapat membuktikan hasil pemikiran kreatif mereka yang hingga saat ini malah menjadi ilmu pengetahuan yang di pelajari di sekolah-sekolah.

3. Mencoba menciptakan hal yang baru.
Setelah kita memahami dan banyak membaca serta mempelajari hasil-hasil dari pemikiran orang kreatif, maka kita bisa untuk mencoba memulai menciptakan hal yang baru dari perkembangan dalam fikiran kita untuk membuat sesuatu yang kreatif. Jangan pernah malu untuk menciptakan hal yang kita anggap kreatif, Jangan pernah menyerah bila orang berkata itu mustahil untuk di lakukan. Tetapkan pada diri kita bahwa kita bisa menciptakan hal yang kreatif dari pemikiran kita.

4. Berfikirlah dengan cara yang berbeda.
Berfikir dengan cara yang berbeda itu penting. cobahlah untuk berfikir bahwa barang yang tidak terpakai dari apa yang orang fikirkan maka kita bisa berfikir apa yang bisa kita lakukan dari barang yang tidak terpakai tersebut.
sebagai contoh sederhana:
Botol plastik minuman mineral yang sudah habis pasti selalu dibuang oleh banyak orang, namun pada kenyataannya botol plastik tersebut bisa kita oleh menjadi kerajinan yang berharga yang bisa menghasilkan income atau pendapat kepada kita dari hasil kreatifitas fikiran kita. Botol plastik dari minuman mineral tersebut bisa kita olah menjadi mainan anak-anak, kerajinan tangan, bahkan lampu hias. semua barang tidak berguna tersebut bisa kita olah menjadi barang yang bernilai tinggi dari berfikir kita yang berbeda dalam melihat sesuatu.

5. Tulis semua ide kreatif yang ada dalam fikiran kita.
Dengan menulis semua ide yang timbul dari fikiran kita dalam selembar kertas akan membantu kita untuk mengingat dan mendorong kita untuk melakukannya. Buatlah daftar kreatifitas dari hasil fikiran kita, setelah itu kita mencoba membuat ide-ide tersebut menjadi kenyataan. 

buat daftar kreatif dari hasil fikiran

6. Percaya diri.
Rasa percaya diri itu perlu untuk diciptakan dalam diri kita. Kenapa demikian?. dengan timbulnya rasa percaya diri dalam diri kita maka kita akan semangat untuk melakukan sesuatu yang kita anggap itu kreatif dan menciptakan ide-ide kreatif yang selanjutnya kita ciptakan menjadi kenyataan.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencoba menjadi salah satu dari orang-orang yang kreatif.  Tidaklah sulit untuk mengembangkan kreatifitas dalam diri kita asalkan semua itu di dukung dengan kemauan dan rasa percaya diri pada diri kita.

No comments:

Post a Comment